PENGANTAR ILMU ANTROPOLOGI
Ketegori : Resensi Buku | Oleh : Nur Ismah, SIP. | Tanggal : 2016-03-29 10:09:49 | Dibaca : 344 Kali
Judul Buku : Pengantar Ilmu Antropologi
Edisi : Revisi 2009
Penulis : Prof. Dr. Koentjaraningrat
Penerbit : PT Rineka Cipta
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2009
Kolasi : xii, 338 hal.; 23,5 cm
ISBN : 978-979-518-966-4

Antropologi merupakan ilmu yang sangat tua yang membahas tentang manusia. Dahulu, antropologi diartikan sebagai ilmu tentang ciri-ciri tubuh manusia . Hal yang tidak berbeda dari perkembangan ilmu antrolopogi yaitu objek penelitiannya. Sejak dahulu hingga saat ini objek  penelitian antropologi tertuju pada masyarakat dan suku bangsanya.

Antropologi membahas tentang manusia, mulai dari evolusi ciri biologis, kepribadian, kumpulan manusia (masyarakat). Masyarakat tersebut kemudian berkembang dan membuat suatu kebudayaan berdasarkan hasil pemikiran dan aktivitas mereka. Kebudayaan sendiri juga berbeda-beda berdasarkan latar belakang suku bangsa, daerah, dan ras dari masing-masing individu. Dalam mempelajari kebudayaan, etnografi membantu kita untuk mempelajari kebudayaan dari berbagai macam suku bangsa yang ada.

Buku ini membahas dengan jelas berbagai hal dalam antropologi. Ini merupakan cetakan yang monumental penulis berdasarkan buku yang pernah ditulis almarhum yang berjudul pengantar antropologi. Cetakan ke Sembilan mengalami sedikit perubahan dari segi bahasa, yaitu penyesuaian perkembangan bahasa saha dan tidak ada pengubahan dari segi materi.

Prof. Dr. Koentjaraningrat. Nama yang sudah tidak asing lagi di bidang ilmu sosial terutama di bidang antropologi dan sosiologi. Koentjaraningrat merupakan ahli antropologi yang karyanya sudah diakui dunia. Salah satu karyanya ini memberikan manfaat yang besar di dalam bidang antropologi dan menjadi acuan bagi para mahasiswa, praktisi, dan para peminat lainnya.

Kategori Artikel

Arsip Artikel

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler