PSIKOLOGI KOMUNIKASI
Ketegori : Resensi Buku | Oleh : Nur Ismah, SIP. | Tanggal : 2016-03-31 10:54:38 | Dibaca : 178 Kali
Judul Buku : Psikologi Komunikasi
Penulis : Morissan, M.A.
Penerbit : Penerbit Ghalia Indonesia
Kota Terbit : Bogor
Editor : Risman Sikumbang
Tahun Terbit : 2013
Kolasi : viii, 288 hal.; 17,5 x 25 cm
ISBN : 978-979-450-615-8

Dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain, kita perlu untuk mempelajari psikologi komunikasi. Psikologi komunikasi menjadi penting karena sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari. Pendekatan psikologi komunikasi memberi pengetahuan kepada kita bahwa tidak akan mudah menilai baik buruk orang lain sehingga kita lebih memiliki empati terhadap segala aspek yang dimiliki oleh manusia.

Komunikasi dengan sesama juga membutuhkan berbagai macam tahapan dan proses. Biasanya komunikasi dimulai dengan orang yang belum kita kenali, kemudian komunikasi tersebut membutuhkan penyesuaian satu sama lain. Dalam berkomunikasi, kita juga perlu membangun hubungan yang baik dengan orang lain sehingga tidak terjadi pelanggaran dalam komunikasi.

Tujuan kita dalam berkomunikasi tidak selalu mencapai hasil yang kita inginkan. Ada hal-hal tertentu yang kita korbankan sehingga mencapai kesesuaian antara satu sama lain. Ada juga hal-hal yang harus kita luangkan untuk berbagi dengan yang lain. Tentunya hal ini membutuhkan keterbukaan diri satu sama lain untuk mencapai tujuan tersebut.

Ilmu psikologi dan ilmu komunikasi berkembang dengan pesat saat ini, sehingga tidak ada persoalan sosial dan kemanusiaan yang dapat dipecahkan dengan mengandalkan satu teori saja. Hal ini dikarenakan manusia adalah makhluk yang kompleks yang memiliki berbagai macam kebutuhan dan masalah di dalamnya.

Buku ini menjelaskan secara detail  mengenai psikologi komunikasi.  Mulai dari komunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, penyesuaian diri dalam komunikasi, hingga pada tahap komunikasi massa. Ditambah lagi, dalam penjelasannya disertai dengan contoh-contoh kasus yang membantu kita untuk memahami materi yang disampaikan.

Drs. Morissan, S.H, M.A, mendapatkan gelar Pascasarjana di bidang komunikasi dari University of Strasbourg, Prancis pada tahun 1996 atas beasiswa dari European Commission. Beliau juga telah mengikuti berbagai pelatihan di bidang jurnalistik dan penyiaran di Jakarta, Singapura, Brussels, dan Hellinski. Saat ini beliau menjadi salah satu staf pengajar di FIKOM Universitas Mercu Buana Jakarta.

Kategori Artikel

Arsip Artikel

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler