Kiat Mudah Menelusur Informasi di Internet
Ketegori : Perpustakaan | Oleh : Nur Ismah, SIP. | Tanggal : 2016-04-18 14:38:34 | Dibaca : 500 Kali

Penelusuran merupakan kegiatan yang berhubungan dengan ilmu komputer, ilmu perpustakaan, ilmu informasi, ilmu matematika, ilmu linguistik, dan ilmu psikologi. Penelusuran ini bertujuan membantu pengguna/pemustaka dalam menyeleksi informasi-informasi dan dokumen-dokumen yang didapatkannya melalui proses penelusuran kemudian mengelompokkannya berdasarkan sistem tertentu atau isi dokumen untuk mempermudah pemustaka dalam menemukan informasi yang mereka butuhkan.
Di era digital saat ini, informasi telah berkembang pesat. Setiap detiknya, ribuan informasi dari berbagai penjuru dunia bisa kita ketahui dari internet.  Informasi yang berkembang pesat ini biasa disebut ledakan informasi. Sebagai seorang penelusur informasi, ledakan informasi ini menimbulkan kegelisahan tersendiri bagi si penelusur informasi. Jika penelusur tidak pandai menyeleksi informasi yang disajikan, penelusur  dengan mudahnya terjebak dalam informasi yang kurang bahkan tidak valid. Apalagi dalam pencarian informasi untuk karya tulis ilmiah, kevalidan informasi ini tentu saja menjadi sangat penting.
Untuk itu, dibutuhkan adanya cara dalam menelusur informasi yang dibutuhkan melalui internet, di antaranya sebagai berikut:
1.    Mulailah penelusuran secara umum, kemudian dibagi menjadi beberapa bagian, dan perkecil lagi ruang lingkup penelusuran.
2.    Pertimbangkan jenis sumber yang dibutuhkan dan yang paling tepat.
3.    Gunakan subjek dan keyword yang tepat untuk menelusur informasi.
4.    Pertimbangkan tujuan, kepengarangan, dan ruang lingkung dari website tersebut.
Banyak situs yang tidak menyediakan informasi tersebut. Oleh karena itu, beberapa hal yang bisa dipertimbangkan yaitu:
•    Lihat informasi yang tersirat di URL, apakah URL tersebut .edu, .org, .ac, .gov, atau juga situs pribadi yang biasanya ditandai dengan (~)
•    Cari update terakhir kiriman dari situs tersebut
•    Cari informasi yang memuat  tentang pertanggungjawaban atas isi laman tersebut.
•    Lihat juga apa yang orang lain katakan mengenai halaman tersebut.
•    Tentukan batasan tahun dari literatur yang dicari.
5.    Dalam proses penelusuran, anda juga bisa menggunakan kemudahan dalam penelusuran, misalnya dengan menggunakan Logika Boolean (Boolean Logic) yaitu AND, OR, NOT.
Kandungan yang dimiliki oleh situs tersebut haruslah lebih lengkap dan tidak dimiliki oleh situs lain. Ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam terhadap subjek yang dicari. Beberapa situs di internet kadang mempunyai tujuan tertentu, bukan hanya sekedang memberikan informasi, tetapi biasanya memasarkan produk maupun ideologi si pemilik situs. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan lagi yaitu Informasi yang disajikan harus valid, tidak berat sebelah dan obejktif. Kepengarangan juga harus diperhatikan untuk memastikan pemilik situs dan apakah tulisan tersebut dapat dipercaya. (Dari berbagai sumber)
 

Kategori Artikel

Arsip Artikel

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler