Peranan Pendidikan Agama Islam : dalam mencegah kenakalan remaja
Ketegori : Resensi Buku | Oleh : perpustakaan | Tanggal : 2017-08-25 00:00:00 | Dibaca : 115 Kali

Pada  masa sekarang  ini pendidikan seharusnya menjadi   kebutuhan primer selain sandang, pangan, dan papan, karena  pendidikan juga memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Dengan pendidikan yang benar manusia mampu menjalani hidup ini dengan lebih berkualitas, terutama pendidikan agama.  Agama adalah pondasi utama untuk membentuk karakter, watak atau kepribadian seseorang. Agama  yang benar selalu  mengajarkan kebenaran itu sendiri, kebajikan dan prilaku yang santun  sesuai dengan etika dan norma – norma yang berlaku dalam tatanan suatu masyarakat.   Agama  islam  adalah agama universal yang mengajarkan dan mengatur setiap aspek kehidupan manusia baik duniawi maupun ukhrawi,  Sewajarnyalah agama menjadi tuntunan dan bekal orang tua dalam mengasuh anak – anaknya untuk menjadikan generasi penerus bangsa yang bermental bagus.
Kenakalan remaja atau Juvenile Delinqueny   bukan persoalan  baru bangsa ini ,   Kenakalan remaja merupakan permasalahan  sosial yang tak kalah pelik karena banyak melibatkan semua pihak,  baik itu orang tua ( keluarga), Sekolah (pendidikan), aparatur  pemerintah dan  semua elemen yang ada di masyarakat. Kenakalan remaja  merupakan kenyataan yang harus dihadapi semua pihak tanpa pengecualian karena ini menyangkut kelangsungan suatu bangsa atau Negara, bahkan masa depan orang tua  sendiri. Remaja adalah generasi  penerus yang  akan membawa bangsa atau negara pada suatu keadaan yang baik atau buruk. Maka kewajiban semua pihak untuk bertanggungjawab, menjaga dan membentengi remaja  dari berbagai  tindakan yang sifatnya menghancurkan, seperti narkoba, miras atau tindakan – tindakan kriminal lainnya. Dengan  kepribadian yang  labil karena dalam  masa transisi  yaitu  dimana remaja mengalami masa peralihan dari anak menjadi dewasa sehingga belum terbentuk kepribadian   matang, menjadikan remaja sasaran yang empuk   bagi orang – orang yang tidak bertanggungjawab untuk memberi  pengaruh yang jelek.
Kemiskinan, lingkungan keluarga  yang tidak  kondusif, lingkungan sosial yang tidak bagus dan memadai  merupakan beberapa faktor yang menjadikan alasan remaja melakukan penyimpangan.Salah satu pencegahan kenakalan remaja   keluarga  harus  memberi pembekalan pendidikan agama mulai dini, karena keluarga memiliki peran utama  sebagai pengontrol anak. Dengan   bekal agama remaja akan memiliki tameng dalam menjalani  kehidupan serta memiliki  pribadi yang kuat.  Agama juga  akan jadi filter bagi remaja atau siapapun  dalam pergaulan dan  menghadapi pengaruh – pengaruh negative dari luar.

Kategori Artikel

Arsip Artikel

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler