Semiotika untuk Teater, Tari, Wayang Purwa, dan Film
Ketegori : Resensi Buku | Oleh : Ismah | Tanggal : 2017-09-09 00:00:00 | Dibaca : 42 Kali

Judul Buku           : Semiotika untuk Teater, Tari, Wayang Purwa, dan Film

Nama Pengarang  : Dr. Nur Sahid M. Hum

Nama Penerbit       : Gigih Pustaka Mandiri

Ketebalan Buku      : x, 236 hal., 21 cm

Tahun Terbit            : 2016

 

Semiotika merupakan istilah baru yang muncul sekitar dua setengah dasa warsa terakhir bahkan mungkin kurang dari itu. Semiotika merupakan cara memahami mengenai realitas, sedangkan fenomena semiotikanya merupakan realitas itu sendiri atau bisa disebut dengan ilmu mengenai tanda dan sistem tanda.

Semiotika ini merupakan salah satu pendekatan yang banyak diminati oleh berbagai ahli seni saat ini, diantaranya seni teater, film, lukis, musik, tari, dsb. Pertunjukan teater, tari, wayang, dll merupakan hamparan tanda-tanda sehingga teks yang hadir dalam kesenian tersebut juga merupakan sekumpulan utuh tanda-tanda.

Buku ini mengulas secara jelas mengenai semiotika, mulai dari semiotika sastra pada sampai pada semiotika seni lainnya. Sehingga dapat membantu penggiat seni tersebut dalam memaknai semiotika yang ada pada seni tersebut.

Dr. Nur Sahid, M.Hum. merupakan dosen Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Beliau telah menulis 22 karya penelitian dengan sponsor DP2M Dikti. Selain itu Nur Sahid aktif sebagai Tim Penelaah Buku Ajar Seni Teater Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Tim Pengembang Bimbingan Teknis Ekstra Kurikuler Bidang Seni Sekolah Dasar Tingkat Nasional, dll.

Kategori Artikel

Arsip Artikel

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler