Mengulik Jejak Perpustakaan UMM melalui Buku Panduan
Ketegori : Perpustakaan | Oleh : perpustakaan | Tanggal : 2017-09-26 00:00:00 | Dibaca : 69 Kali

Buku panduan   salah satu media cetak yang hingga saat ini masih dipertahankan perpustakaan UMM sebagai media  informasi    untuk  pemustaka terutama mahasiswa baru dan sivitas UMM.    Perpustakaan belum bisa meninggalkan peranan media    tersebut karena dengan  buku panduan    sangat membantu perpustakaan dalam menjalin hubungan dengan pemustaka,  selain itu buku panduan merupakan  petunjuk yang efektif yang dapat digunakan pemustaka untuk  mengenal perpustakaan secara garis besar.   

Dikemas dengan cara  tercetak,  padat dan singkat  diharapkan buku tersebut   mampu memberi informasi yang akurat, efektif dan efesien, karena   tujuan buku panduan ini  untuk menjelaskan mengenai seluk-beluk perpustakaan, mulai dari jam layanan perpustakaan, macam-macam layanan, hingga cara menggunakan layanan mandiri bagi mahasiswa. Karena saat ini semua proses layanan perpustakaan menerapkan  sistem    terotomasi yang berbasis IT dengan menggunakan software  LASER  ( Library Automation Services ). Begitu pula dengan  peminjaman koleksi yang sudah dilakukan secara mandiri dengan menggunan PIN (Personal Identification Number ).  

Dengan perkembangan  teknologi yang semakin canggih  berimbas pada berbagai sektor termasuk perpustakaan karena teknologi  akan selalu membawa perubahan – perubahan pada perpustakaan baik dari segi sarana prasarana, fasilitas ataupun layanan  bagi para pengguna,  maka fungsi buku panduan di sini memiliki peran untuk memberikan informasi – informasi  yang berkaitan dengan hal – hal tersebut   dan  selain itu buku panduan  juga berfungsi menjadi sarana promosi   dengan  dunia luar UMM.  

Perkembangan  dan perubahan perpustakaan  UMM  dapat di lihat dan baca pada  jejak rekam Perpustakaan   yang  di tampilkan melalui “Buku Panduan Pemustaka” dari tahun ke tahun. Buku panduan ini  sudah ada sejak perpustakaan UMM mulai terotomasi menggunakan software yang dikembangkan oleh tim  IT perpustakaan UMM, yaitu LASer (Library Automation Services).   

Kategori Artikel

Arsip Artikel

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler