Jejak – Jejak Permainan Tradisional Indonesia untuk Pembelajaran Kesenian di SD/MI
Ketegori : Resensi Buku | Oleh : perpustakaan | Tanggal : 2017-11-01 00:00:00 | Dibaca : 143 Kali

Judul Buku          : Jejak – Jejak Permainan Tradisional Indonesia

                             Untuk Pembelajaran Kesenian di SD/MI

Editor                  : Arina Restian

Hal                      : 396 hal

 

Keragaman budaya  yang di miliki Indonesia merupakan keunikan tersendiri bagi bangsa ini, dengan segala perbedaannya. Bahasa,Agama,  adat istiadat, kesenian, kebudayaan, mata pencaharian dan masih banyak hal – hal lainnya menjadikan bangsa Indonesia memiliki kekayaan yang tidak ternilai harganya.  Dengan ribuan  pulau  yang ada di Negara kita menjadikan masing – masing daerah memiliki ciri khas dan karakter yang berbeda. Begitu pula dengan permainan tradisional yang di miliki bangsa ini. Permainan tradisional merupakan salah satu bagian dari kebudayaan yang juga banyak ragamnya  di Indonesia yang tanpa disadari   apabila kita gali lebih dalam   tidak hanya sekedar kesenangan saja yang diperoleh  akan tetapi banyak kandugan   nilai – nilai moral. 

 Pada permainan tradisional sifatnya selalu dilakukan berkelompok yang pada hakekatnya mengajarkan anak untuk bersosialisasi, saling menghormati, menghargai, tolong menolong, dan lain – lain sebagaimana yang di tuntut pada kita semua sebagai mahkluk sosial. Namun dengan semakin majunya teknologi dan tingginya peradaban manusia ternyata juga berimbas pada permainan tradisional  yang semakin langkah bahkan punah. Sarana yang tidak memungkin untuk melakukan permainan tradisional dan kehadiran Gadget, intenet,  televisi  menjadikan anak – anak malas untuk melakukan kegiatan  di luar rumah sehingga berakibat pada anak yang kecenderungan individualistis, egoisme yang tinggi, kepedulian sosial yang tipis dan masih banyak lainnya.  

Pada  buku dengan ddc 796.109 598 Jej,  banyak ragam permainan tradisional yang bisa kita baca dengan inovasi – inovasi dan karakteristiknya.  Di dalam  buku ini banyak memberikan pengetahuan ragam  permainan tradisional yang selama ini kita anggap tidak memiliki arti apa – apa    ternyata   pada buku ini disajikan dengan apik bagaimana mereka mengulas dan menggali beberapa  permaianan tradisional  dengan segala kelebihannya.

Kategori Artikel

Arsip Artikel

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler