Keadilan bermartabat Perspektif Teori Hukum
Ketegori : Resensi Buku | Oleh : | Tanggal : 2018-03-21 00:00:00 | Dibaca : 192 Kali

Judul Buku               : Keadilan bermartabat Perspektif Teori Hukum

Nama Pengarang      : Teguh Prasetyo

Nama Penerbit          : Nusa Media

Ketebalan Buku        : x, 201 hal. 22 cm.

Berbagai macam persoalan hukum saat ini menimbulkan munculnya teori keadilan bermartabat. Teori keadilan bermartabat ini berbeda dengan teori hukum lainnya, terutama teori hukum Thomas Aquinas yang banyak terpengaruh oleh pemikiran Aristoletes dan Plato. Pandangan Thomas Aquinas mengenai hukum, negara dan kekuasaan berdasarkan pada konsep hukum alam (Natural Law) yaitu partisipasi makhluk rasional (manusia) dalam hukum abadi (eternal law) yang merupakan kebijaksanaan Tuhan yang kebenarannya absolut.

Buku ini merumuskan pemikiran alternatif di bidang hukum yaitu teori keadilan bermartabat. Teori ini dirumuskan berdasarkan pemikiran dan sistem hukum yang berkembang di Indonesia yang berdasarkan pancasila. Teori ini diharapkan dapat menjadi jalan konstitusional untuk memperoleh keadilan, kemaslahatan, dan kepastian sebagai tujuan hukum utama, bermartabat, dan serempak.

Prof.Dr.Teguh Prasetyo, SH. M.Si. seorang profesor yang mengajar hukum di beberapa universitas di Indonesia (UKSW Salatiga, Universitas Jayabaya Jakarta, UNTAG Surabaya, UII Yogyakarta, Instiper Yogyakarta,dll). Beliau juga telah menerbitkan 22 karya buku di bidang hukum.

Kategori Artikel

Arsip Artikel

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler