Evolving roles of sovereign wealth managers After the Financial Crisis : Past, Present, Future
Ketegori : Resensi Buku | Oleh : Ish Perpustakaan | Tanggal : 2018-04-25 00:00:00 | Dibaca : 84 Kali

Judul Buku                 : Evolving roles of sovereign wealth managers After the Financial  Crisis : Past, Present, Future

Nama Pengarang     : Bernard Lee
Nama Penerbit         : Singapore : World Scientific Publishing Co.
Ketebalan Buku        : xix, 101 hal.; 23 cm.
Tahun Terbit               : 2014

Hingga saat ini pembicaraan mengenai manajemen kekayaan negara dikaitkan dengan ideologi negara kapitalis. Dalam sejarahnya, setelah muncul model yang dikemukakan oleh Adam Smith, kekayaan negara merupakan akumulasi dari kekayaan individu. Dan sejak saat itu negara tidak secara langsung memiliki perusahaan-perusahaan swasta, di bawah model ekonomi kolonial, perusahaan-perusahaan swasta beroperasi di lahan asing, tetapi mereka pemilik utamanya dan dilaksakanan oleh warga negara khusus di bawah adiministrasi kolonial. Setelah perang dunia ke dua, secara umum telah disetujui bahwa kerajaan hanya bisa memimpin konflik yang mengerikan satu sama lain.

Kerumitan militer dan industri di Amerika dan Eropa Barat muncul di tahun 1950-an. Tahun 60-70an, bantuan negara kapitalis menghasilkan grup bisnis Jepang “Keiretsu”  dan Korea selatan “Chaebols”. Dan sejak saat itu negara meningkatkan  agenda utamanya dalam membantu perusahaan-perusahaan swasta yang tengah beroperasi dan mayoritas dimiliki oleh negara.

Cerita pertama mengenai manajemen kekayaan negara muncul dari negara ASEAN yaitu Singapura. Kunci kesuksesan ini ditiru leh negara-negara lainnya. Teori keuangan modern mengatakan bahwa pasar keuangan memiliki likuiditas yang tak terbatas dan oleh karena itu pelaku pasar diasumsikan relatif kecil terhadap ukuran keseluruhan pasar.

Kategori Artikel

Arsip Artikel

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler