Studi Banding dan Pelatihan Literasi untuk Pengurus GPMB Kabupaten Malang
Ketegori : Info Perpustakaan | Oleh : Ish Perpustakaan | Tanggal : 2018-05-18 00:00:00 | Dibaca : 45 Kali

Rabu 16 Mei 2018 Perpustakaan Pusat UMM mendapatkan kunjungan dari Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Malang. Rombongan  yang di ikuti + 15 orang ini tiba pukul 12.30 Wib  di terima langsung oleh Ibu Tri Wahyuni selaku Sekretaris UPT. Perpustakaan  yang mewakili Kepala Perpustakaan yang tidak dapat hadir di tempat. Pada kesempatan kunjungan tersebut sebagai ajang sharing dan belajar literasi informasi.

GPMB ini merupakan pegiat perpustakaan dan literasi yang secara struktural berada di bawah Perpustakaan Nasional. Tentunya untuk meningkatkan literasi masyarakat, pegiat literasi juga harus melek terhadap luapan informasi yang saat ini  susah dibendung. Setiap detiknya, banyak sekali informasi baru yang hadir dan dapat diakses secara luas melalui internet. Maka pada kesempatan kali ini, suatu kebahagiaan yang luar biasa bagi perpustakaan dapat berbagi informasi juga melalui pelatihan literasi informasi.

Pelatihan literasi informasi yang diberikan masih  bersifat basic, materinya meliputi dasar-dasar literasi informasi dan penelusuran di internet dengan menggunakan boolean operator dan bahasa syntax. Walaupun bersifat dasar, tetapi ini wajib diberikan karena akan di peroleh  kemampuan dan pemahaman dalam penelusuran di internet sehingga mampu  mem-filter  hasil yang dimunculkan oleh search engine sesuai dengan kebutuhan kita tanpa memunculkan hasil-hasil sampah yang memang tidak kita butuhkan.

Pelatihan literasi informasi berlangsung selama ± 2 jam dengan antusias yang tinggi dari para peserta. Karena dengan pelatihan literasi informasi ini banyak hal-hal baru yang bisa didapatkan dan berguna dalam melakukan infomasi di internet ke depannya.

Kategori Berita

Arsip Berita

Berita Terbaru

Berita Terpopuler