ADMINISTRASI / FRONT OFFICE

 Administrasi atau Front Office merupakan layanan awal yang diterima oleh pengunjung atau pengguna perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang. Keberadaan administrasi atau front office yang berada di area paling depan memiliki tugas dan  tanggungjawab  antara lain :

  • Peminjaman Loker dan Tas Laptop

Fasilitas ini diberikan kepada pengunjung atau pengguna yang membawa barang ( tas, jaket, helm, dll ) yang tidak diperbolehkan  masuk ke  perpustakaan. Upaya ini untuk menjaga ketertiban serta mengantisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terburuk yang bisa membawa kerugian terhadap semua pihak.

  • Pendaftaran Anggota

1. Sivitas UMM

Dosen, karyawan atau mahasiswa UMM ( mahasiswa Re-Nim, alih jenjang, Profesi, dll ) yang belum terdaftar menjadi anggota.

2. Non UMM

Pendaftaran anggota khusus ini diperuntukkan bagi mahasiswa  luar UMM atau masyarakat umum yang menginginkan serta membutuhkan fasilitas perpustakaan UMM.

Bebas Tanggungan

Administrasi ( front office )memiliki wewenang memberikan keterangan bebas tanggungan perpustakaan terhadap mahasiswa UMM dengan melakukan pemblokiran, antara lain :

  1. Mahasiswa yang sudah menyelesaikan studi (wisuda)
  2. Mahasiswa yang kehilangan KTM
  3. Mahasiwa yang  pindah studi ke Universitas lainnya.
  4. Mahasiswa yang berhenti sementara ( terminal )
  5. Mahasiswa yang berhenti tetap
  • Regitrasi Mandiri

Regitrasi ini diperuntukkan bagi sivistas UMM mandiri yang tidak mengikuti pelatihan pengguna ( Bimtek ) untuk mengaktifkan PIN ( personal identification number ) guna peminjaman mandiri.

  • Reaktivasi Anggota

Masa aktif anggota perpustakaan lamanya 1 tahun maka pengaktifan anggota perpustakaan semua yaitu sivitas UMM ( Mahasiswa, karyawan dan dosen ) menjadi tugas administrasi ( front office ) .

  • Surat Pengantar

Surat pengantar atau surat ijin untuk berkunjung ke pepustakaan lain merupakan bagian tugas dari administrasi ( front office ).

  • Aktivasi Blokir Anggota

Pengaktifan kembali bagi anggota perpustakaan UMM yang telah diblokir karena sesuatu hal.