Web Analytics
Perpustakaan UMM | Article
  • icon
  • icon
icon

Butuh Bantuan? hubungi kami via WhatsApp

+62 821 4377 7735

Artikel

Blog Details

ENSIKLOPEDI ISLAM UNTUK PELAJAR

Judul Buku : Ensiklopedi Islam Untuk Pelajar
Penulis : Ade Armando (dkk)
Penerbit : PT Ichtiar Baru Van Hoeve
Kota Terbit : Jakarta
Editor Bahasa : J. V. Barus (dkk)
Editor Illustrasi : Hasyimsyah
Tahun Terbit : 2001
Kolasi : 6 Jilid; 28 cm.
ISBN : 979-9226-10-4 (No. jilid lengkap)
     

Sejarah Kebudayaan Islam merupakan topik yang selalu  menarik untuk dipelajari. Salah satu yang dibahas dalam ensiklopedia ini yaitu Dinasti Abbasiyah yang  berkuasa dalam waktu  cukup lama (750-1258) setelah berakhirnya kekuasaan Dinasti Umayyah. Dinasti yang didirikan oleh Abu abbas As-Saffah ini mengalami pergantian pola pemerintahan sesuai dengan perubahan kondisi politik, sosial, dan budaya pada masanya.

Dinasti Abbasiyah mengalami puncak kejayaan pada pemerintahan Khalifah Harun Ar-Rasyid dan anaknya Al Ma’mun. Pada masa Harun Ar-Rasyid, kesejahteraan sosial, kesehatan, pendidikan, ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan kesusastraan mengalami zaman keemasan. Pada masa Al Ma’mun, gerakan intelektual dan ilmu pengetahuan sangat menonjol yang ditandai dengan didirikannya Baitul Hikmah yang tersohor hingga ke penjuru negeri. Baitul Hikmah ini juga merupakan Perpustakaan Islam yang sangat terkenal pada Dinasti Abbasiyah. Ini menjadikan Baghdad menjadi pusat kebudayaan dan Ilmu pengetahuan.

Ensiklopedia ini menjelaskan sejarah Dinasti Abbasiyah dan pembahasan topik lainnya secara detail. Ensiklopedia ini juga dilengkapi dengan ilustrasi dan transliterasi yang dapat membantu pembaca dalam memahami topik yang dijelaskan. Selain sejarah, ensilopedia ini juga membahas tentang lebih dari 70 entri yang berkaitan dengan islam, diantaranya mengenai sejarah perjalanan Islam, ilmuwan, kalender, surah-surah dalam Al Qur’an, dan lain-lain.

 Buku ini telah menjadi koleksi referensi perpustakaan UMM lantai 1 dengan nomor klasifikasi R 297.03 ENS-1.a. Koleksi ini juga sangat bagus dan menarik  dikaji untuk memperdalam pengetahuan tentang agama Islam.