Web Analytics
Perpustakaan UMM | Article
  • icon
  • icon
icon

Butuh Bantuan? hubungi kami via WhatsApp

+62 821 4377 7735

Artikel

Blog Details

Mobile Learning: Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran

Judul Buku                 : Mobile Learning: Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran
Nama Pengarang        : Dr. Deni Darmawan, S. Pd., M. Si.
Nama Penerbit            : PT RajaGrafindo Persada Jakarta
Ketebalan Buku          : x, 260 hal. 25 cm.
Tahun Terbit                : 2016

Mobile learning merupakan terobosan baru yang berusaha menjawab tantangan di era digital saat ini. Perkembangan teknologi dan informasi membawa dampak hampir di seluruh sektor kehidupan, termasuk di dalamnya yaitu sektor pendidikan. Pada sisi media pembelajaran, dampak ini sangat terasa.
Perkembangan teknologi informasi yang mengolah, mengemas, dan menampilkan dan menyebarkan informasi pembelajaran dewasa ini mampu mewujudkan apa yang disebut dengan virtual learning. Konsep ini kemudian dikembangkan sehingga mampu mengemas realitas pembelajaran sebelumnya menjadi lebih menarik dengan memberikan adaptasi secara psikologi bagi para siswa dimanapun mereka belajar.
Dengan melihat perkembangan teknologi yang sedemikian pesat, buku ini berusaha untuk menekankan pada upaya membuat program pembelajaran yang lebih mobile. Walaupun mobile learning sudah mulai berkembang sejak tahun 1998, tetapi proses produksinya belum menyentuh pada para pendidik yang berada di daerah. Oleh karena itu buku ini menjelaskan sejumlah tahapan untuk mengembangkan mobile learning yang lebih mudah pada para guru, mulai dari mendesain produksi pembelajaran multimedia mobile sampai pada membuat pembelajaran interaktif model Drill.
Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si. merupakan dosen tetap program studi Teknologi Pendidikan Konsentrasi Guru TIK dan Perekayasa Pembelajaran Fakultas Ilmu Pendidikan UPI Bandung. Pada tahun 2006, beliau meraih gelar Doktor dengan predikat cum laude bidang Ilmu Komunikasi.