Web Analytics
Perpustakaan UMM | Article
  • icon
  • icon
icon

Butuh Bantuan? hubungi kami via WhatsApp

+62 821 4377 7735

Artikel

Blog Details

Pangkalan Data untuk Pengelolaan Data Lembaga Informasi

Judul Buku           : Pangkalan Data untuk Pengelolaan Data Lembaga Informasi
Nama Pengarang : Ari Nugraha
Nama Penerbit     : Penaku
Ketebalan Buku    : xi, 226 hal. 20 cm
Tahun Terbit         : 2017

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat menuntut lembaga yang berkecimpung dalam mengelola informasi, termasuk perpustakaan untuk menerapkan pemanfaatkan teknologi dalam kegiatannya sehari-hari. Penerapan teknologi ini termasuk penyimpanan data secara digital untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas.

Beberapa model pangkalan data saat ini memberikan pilihan bagi perpustakaan dan lembaga informasi lainnya, mulai dari pangkalan data relasional hingga yang berbasis dokumen. Pada buku ini dibahas secara rinci mulai dari pengenalan bahasa SQL, merancang pangkalan data, pangkalan data relasional, hingga pengembangannya pada yang berbasis dokumen.

Ari Nugraha. Lahir di Jakarta, 6 desember 1962. Sarjana Prodi Ilmu Perpustakaan FIB UI tahun 2005. Tahun 2010 meemperoleh gelar magisternya. Hingga saat ini Ari Nugraha aktif mengajar bidang metadata TI pada program studi Ilmu perpustakaan UI. Selain itu Ari Nugraha juga aktif sebagai pengembang software perpustakaan SliMS.