Web Analytics
Perpustakaan UMM | Article
  • icon
  • icon
icon

Butuh Bantuan? hubungi kami via WhatsApp

+62 821 4377 7735

Artikel

Blog Details

Eprints : Aplikasi pengelolaan repository institusi

Judul Buku               : Eprints : Aplikasi pengelolaan repository institusi

Nama Pengarang      : Dwi Fajar Saputra

Nama Penerbit          : El-Markazi Sukses Grup

Ketebalan Buku        : xi, 82 hal. 22 cm.

Repository institusi bisa diartikan sebagai simpanan kelembagaan, dalam hal ini menyimpan dan melestarikan koleksi digital dari hasil karya intelektual institusi tersebut. Pengembangan repository institusi saat ini sedang gencar dilakukan oleh banyak perpustakaan perguruan tinggi karena dengan adanya repository institusi dapat menambah nilai lebih dari suatu lembaga, baik dari segi pengetahuan, promosi hasil karya inteletual, dan preservasinya.

Untuk membangun repository institusi dibutuhkan beberapa persiapan, diantaranya persiapan SDM, materi digitalnya, kebijakan tertulis, dan infrastruktur teknologi baik hardware maupun software. Salah satu software repository institusi yang sering digunakan yaitu eprints. Fitur yang ditampilkan oleh eprints mendukung kebutuhan dan terus mengalami pengembangan

Dwi Fajar Saputra merupakan praktisi di bidang perpustakaan dan dokumentasi informasi. Beliau pernah ikut mengembangan software otomasi perpustakaan SliMS dan saat ini mengemban tugas mengelola sistem otomasi perpustakaan dan aplikasi repository di beberapa instansi pemerintah dan swasta.