Web Analytics
Perpustakaan UMM | Article
  • icon
  • icon
icon

Butuh Bantuan? hubungi kami via WhatsApp

+62 821 4377 7735

Artikel

Blog Details

Perpustakaan Masjid A.R. Fachruddin Univ. Muhammadiyah Malang

Perpustakaan merupakan layanan publik yang vital dan dibutuhkan oleh semua sivitas akademika baik secara individu maupun lembaga. Diakui maupun tidak keberadaan Perpustakaan sebagai unit pelaksana teknis merupakan sarana yang dapat menunjang, memperlancar dan mempermudah   proses belajar mengajar pada suatu lembaga pendidikan secara mandiri.  Kita ketahui UMM memilki empat Perpustakaan yang berada di lokasi yang berbeda, antara lain:  Perpustakaan Kesehatan di Kampus II, Perpustakaan Pusat di Kampus III, Perpustakaan Pascasarjana di Kampus III GKB IV, Perpustakaan Masjid di area Masjid A.R. Fakhruddin. Masing – masing Perpustakaan itu memiliki keistimewaan sendiri – sendiri selain lokasi dan koleksi, dan kali ini kita akan mengenalkan tentang Perpustakaan Masjid UMM.
Membahas tentang Perpustakaan Masjid A.R. Fachruddin UMM memiliki sisi yang menarik karena  berdirinya memiliki sejarah yang berliku seiring dengan perjalanan UMM.  Tahun 1998 perpustakaan masjid sebagai salah satu bagian dari LSIK (Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan), yang kehadirannya tentu bertujuan sebagai ruang baca dan sebagai sumber informasi dan pengetahuan tentang Islam dan Kemuhammadiyahan. Kemudian seiring waktu berdiri sendiri lepas dari LSIK dan menjadi sebuah UPT (Unit Pelaksana Teknis), tetapi dalam proses kelola koleksi masih dalam pengawasan dan pendampingan dengan Perpustakaan Pusat UMM.  Tahun 2000 Perpustakaan Masjid A.R. Fachruddin dilebur menjadi satu manajemen dengan Perpustakaan Pusat UMM sebagai salah satu unit layanan pengguna.
Koleksi yang dimiliki Perpustakaan Masjid A.R. Fachruddin berjumlah 8487/18994 judul/eksemplar, yang terdiri dari koleksi referensi, koleksi umum, dan koleksi kitab (berbahasa Arab) yang jumlahnya ± 35% dari seluruh koleksi di perpustakaan masjid. Karena koleksi kitab yang berbahasa arab yang memang didominasi oleh kitab tafsir dan hadist, maka perpustakaan masjid dijadikan sebagai kelas praktikum bagi mata kuliah hadits dan tafsir. Maka bagi sivitas akademika yang membutuhkan koleksi khusus agama islam dapat langsung mendatangi perpustakaan Masjid bisa meminjam atau baca di tempat. Tata ruang baca pada Perpustakaan Masjidpun   dibuat semenarik dan senyaman mungkin dengan menyesuaikan   luas ruangan yang ada.   
Sesuai namanya perpustakaan masjid berada di areal gedung masjid A.R. Fachruddin lantai 2, yang membuka layanan dari  Senin – jumat dari pukul 8.00 - 16.30 WIB., pada hari Sabtu jam layanan sampai pukul 12.00 WIB. Karena berada area gedung masjid tentunya setiap dikumandangkan Adzan sebagai tanda masuk waktu Sholat, maka perpustakaanpun menutup sementara layanan  bagi  pengguna dan buka kembali setelah sholat berjamaah selesai.
Keberadaan Perpustakaan UMM yang terpisah – pisah sangatlah menarik, hal ini akan memecah keramaian tidak hanya pada satu titik saja. Selain itu akan memberi kenyamanan, ketenangan juga mempermudah pengguna dalam pencarian koleksi. Di harapkan kehadiran perpustakaan Masjid mampu memenuhi kebutuhan bagi pengguna yang membutuhkan literatur tentang keagamaan (Islam).