Web Analytics
Perpustakaan UMM | Article
  • icon
  • icon
icon

Butuh Bantuan? hubungi kami via WhatsApp

+62 821 4377 7735

Artikel

Blog Details

Athirah

Judul Buku     : Athirah
Penulis           : Alberthiene Endah
Penerbit         : Noura Books
Halaman        : 383 hal 
Thn. Terbit      : 2016
 

“Athirah” salah satu novel yang menggambarkan perjuangan seorang ibu dari ribuan ibu yang ada di dunia ini dalam memberikan kasih sayang, cinta, ketulusan pada keluarga tanpa mempedulikan kebahagiaannya dan menyisihkan egonya. Kisah apik yang berdasarkan kisah nyata dari kehidupan Ibu ( Emma ) seorang jusuf kalla Pengusaha Sukses  dan  mantan Wakil Presiden RI dari  Sulawesi.
“tawa Emma adalah kebahagian saya, dan air matanya merupakan kepiluan hati saya” kisah kecintaan  seorang anak menggambarkan bagaimana sosok ibu yang menemani hampir seluruh hidupnya dalam suka maupun duka.Penggambaran seorang ibu yang penuh kesabaran, siap menjadi cahaya bagi anak – anaknya untuk mengantarkan dalam kehidupan yang akan dijalaninya kelak. Seorang ibu yang  menyimpan sedih dan dukanya sendiri, berusaha untuk tetap tegar dan kuat walaupun kenyataan baik tidak selalu berpihak padanya. 
Mira Lesmana : “Athirah, sebuah novel apik berdasarkan kisah nyata, yang membuka mata dan hati kita : Ibu adalah kunci dalam keutuhan sebuah keluarga”.
Riri Reza ( Sutradara ) : “ Novel ini seolah menjadi catatan dari sebuah rumah yang dekat sekali dengan saya. Kasih sayang ibu, masakan itu, kebiasaan, dan berbagai pernik Bugis itu, sarung pelekat itu…dan lanskap kehidupan keluarga dengan berbagai kisah yang kadang abu – abu. Kisah yang memikat”.
Andy F. Noya ( pembawa acara  kick Andy ) : “ Kisah seorang ibu selalu menarik dan menyentuh. Dibalik sosok orang – orang hebat, ada seorang ibu yang memberi nilai – nilai kehidupan dan prinsip – prinsip yang mewarnai sosok ornag tersebut. Kareba itu menarik untuk menyimak kisah tentang Athirah, sosok peraempuan dan ibu yang memberi warna dalam kehidupan dan keberhasilan Jusuf Kalla. Banyak nilai kehidupan yang sangat berguna untuk dipelajari”.
Di tulis dengan tata bahasa yang runtut dan mudah mengerti, novel ini sangat menarik untuk dibaca dan di simak. Ada pesan moralnya yang dapat kita ambil untuk dijadikan teladan dalam kehidupan sehari – hari, mulai dari kesabaran, ketulusan dan keihklasan kebangkitan dari keterpurukan.