Web Analytics
Perpustakaan UMM | News
  • icon
  • icon
icon

Butuh Bantuan? hubungi kami via WhatsApp

+62 821 4377 7735

Berita

Blog Details

Kunjungan ke Universitas Malaya Malaysia

Perpustakaan merupakan aset yang penting dalam dunia pendidikkan karena sebagai pusat informasi ilmiah perpustakaan merupakan sarana yang tidak bisa ditiadakan. Kehadirannya  selain sebagai ruang informasi,  perpustakaan      tempat pembelajaran secara mandiri bagi pemustaka. Dengan derasnya informasi serta banyaknya  informasi yang dibutuhkan seharusnya menjadikan perpustakaan tempat yang istimewa sebab perpustakaan merupakan  pusat sumber yang dapat di percaya. Perpustakaan sebagai layanan publik memang harus selalu berbenah baik dari segi SDM maupun sarana prasana sehingga layak untuk dimanfaatkan bagi pengguna perpustakaan. Sebagai sarana penunjang penting  bagi proses belajar mengajar maka perpustakaan sendiri harus belajar  guna berbenah dan     memperbaiki diri.    
Tanggal  13 September 2018 UPT. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang melakukan kunjungan ke Universitas Malaya Malaysia, yang di pimpin langsung oleh Bapak Dr. Asep Nurjaman, MSi    selaku Kepala Perpustakaan UMM dengan diikuti 13 staff.   Tujuan kunjungan tersebut dalam upaya untuk membangun perpustakaan
untuk mengetahui secara umum Perpustakaan  tersebut dan   teknologi yang mereka gunakan,  koleksi – koleksi apa saja yang mereka miliki dan bagaimana memberikan layanan kepada pengguna perpustakaan.
Perpustakaan Malaya di dirikan tahun 1959 dengan memiliki 4 lantai, masing – masing lantai memiliki fungsi sendiri – sendiri. Lantai 1 untuk koleksi cetak yang boleh di pinjam, lantai 2 merupakan koleksi jurnal terbaru, tesis, dan disertasi.  Lantai 3 dan 4 di tempati jurnal  berjilid dan koleksi lainnya. Dalam layanan hampir memiliki kesamaan dengan UPT. Perpustakaan UMM yaitu bagaimana penelusuran koleksi, pendidikkan pengguna perpustakaan ( pemaklumatan ), penyerahan tugas akhir, dll.   Mungkin yang jadi pembeda selain gedung yang lebih luas, lay out  juga koleksi jurnal yang mereka miliki lebih banyak.
Dengan kunjungan ke Universitas Malaya diharapkan mampu meningkatkan  wawasan dan  pengetahuan bagi SDM – SDM yang ada di lingkungan perpustakaan UMM.  sehingga bisa meningkatkan kinerja serta bisa memajukan dan membawa perpustakaan UMM kearah yang lebih baik.