Web Analytics
Perpustakaan UMM | News
  • icon
  • icon
icon

Butuh Bantuan? hubungi kami via WhatsApp

+62 821 4377 7735

Berita

Blog Details

E-Resources and antiplagiarism Workshop Series: Pemberdayaan Konsorsium FPPTI Jatim dalam mendukung Publikasi Karya Ilmiah

25 Januari 2019 Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI) Jawa Timur mengadakan serangkaian acara workshop ejournal, ebook, dan antiplagiarism checker, yang di hadiri kurang lebih 86 peserta perwakilan dari beberapa Perguruan Tinggi seluruh Jawa Timur. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang yang juga sebagai anggota FPPTI pada tahun ini  didaulat sebagai tuan rumah.     

Pada acara workshop tersebut diawali dengan sambutan  Kepala Perpustakaan UMM, Bapak Dr. Asep Nurjaman, M. Si., dilanjutkan sambutan dari ketua FPPTI Jawa Timur, Amirul Ulum, M. IP. Dan yang terakhir yaitu sambutan dari asisten rektor  Dr. Tulus Winarsunu, M. Si. Ketiga sambutan tersebut menerangkan tantangan perpustakaan ke depannya dalam memenuhi kebutuhan informasi pemustakanya. Untuk itu, profesi pustakawan ini  ditutut untuk tetap mengikuti dan menguasai teknologi. Kebutuhan informasi menuntut perpustakaan untuk tetap sigap memenuhi sumber-sumber elektronik baik e-book maupun e-journal. Dengan adanya konsorsium ini mempermudah perpustakaan dalam menyediakan sumber-dumber informasi tersebut mengingat harga berlangganan ejournal maupun ebook tidaklah murah.

Pada kegiatan tersebut dibagi menjadi 4 sesi.  Sesi pertama  perwakilan dari Emerald Insight  Bpk. Iwan Sukardi,  sesi ke dua  dari Proquest dan Plagscan  yaitu Bpk. Dwi Janto Suandaru. Pada sesi ke tiga   dari Gale/Cengage Bpk. Okkie S. Budiman. Dan pada sesi terakhir perwakilan dari Cambridge  Bpk. Jona Giovani. Ke empat narasumber memberikan materi   tips dan trik cara penelusuran pada sumber-sumber elektronik baik itu e journal dan e book. Dengan semakin banyaknya informasi maka akan semakin mudah para pemustaka mendapatkan informasi, maka peluang untuk melakukan plagiarisme semakin mudah. Untuk itu penting bagi institusi pendidikan dalam hal ini perguruan tinggi untuk berlangganan antiplagiarism checker untuk menghindari terjadinya plagiasi.