Web Analytics
Perpustakaan UMM | News
  • icon
  • icon
icon

Butuh Bantuan? hubungi kami via WhatsApp

+62 821 4377 7735

Berita

Blog Details

Erasmus : membangun networking berskala internasional

1 April  2019 sampai 5 April 2019, Dr. Asep Nurjaman selaku Kepala Perpustakaan UMM di dampingi  dua pustakawan mengikuti kegiatan Erasmus + staff week training untuk pustakawan di Lublin University of Technology, Polandia. Pelatihan ini diikuti oleh 28 pustakawan dari berbagai negara, diantaranya:  Indonesia, Maroko, Algeria, Spanyol, Rusia, Perancis, Aljazair, Tunisia.
Pembukaan Training dilaksanakan di fakultas tertua di Lublin University of Technology (LUT) yaitu di Fakuktas Teknik Mesin. Pembukaan acara pelatihan diawali  sambutan dari pihak LUT kemudian dilanjutkan dengan presentasi dan  perkenalan dari masing-masing institusi peserta staff training. Presentasi perkenalan dari UMM disampaikan oleh Dr Asep Nurjaman, M. Si., selaku Kepala Perpustakaan UMM.
Acara hari ke dua yaitu  masing-masing peserta mempresentasikan keadaan dan kondisi riil perpustakaannya. Dari pihak UMM  diwakili oleh pustakawannya yaitu Nur Ishmah, SIP dan Moh. Zawawi, A. Md. Acara berlangsung menarik menyaksikan dan mendengarkan pemaparan dari masing – masing perpustakaan para peserta training, terakhir dilanjutkan pemaparan perpustakaan tuan rumah (LUT). Tidak kalah serunya, semua peserta diajak berkeliling di perpustakaan LUT baik perpustakaan pusat maupun perpustakaan fakultas.
Pemaparan mengenai perpustakaan LUT masih terus berlanjut di hari ketiga, peserta juga diajak berkeliling di perpustakaan-perpustakaan yang ada di Lublin. Penduduk Lublin sangat menghargai sejarah, terbukti mereka masih menyimpan naskah-naskah kuno berkaitan dengan Lublin, juga makam tokoh-tokoh Lublin yang masih sangat terawat diantaranya terdapat makam pustakawan pertama kali yang dimiliki oleh Kota Lublin.
Hari ke empat  peserta diagendakan untuk city tour ke Lublin Old Town. Seperti di negara-negara lain Old Town Lublin sendiri juga memiliki cerita sejarah yang sangat panjang mengenai kota Lublin. Pada hari ke 5 acara erasmus+ staff week training for librarian berakhir dengan dibagikannya sertifikat dan pesan kesan dari para peserta.