Web Analytics
Perpustakaan UMM | News
  • icon
  • icon
icon

Butuh Bantuan? hubungi kami via WhatsApp

+62 821 4377 7735

Berita

Blog Details

Workshop menjadi pustakawan unggul

31 Juli – 3 Agustus 2019 Perpustakaan UMM bekerjasama dengan Prodi Bahasa Indonesia  mengadakan Workshop dengan  tema “Menjadi Pustakawan Unggul”. Kegiatan tersebut  untuk menghadapi uji kompetensi di  bidang perpustakaan yang diikuti  oleh  35 mahasiswa.
Pada periode 3  ini  Workshop dibuka oleh Kepala Perpustakaan UMM, Bapak Dr. Asep Nurjaman, M.Si. sekaligus memberikan materi awal pada kegiatan workshop yaitu Pengantar Ilmu Perpustakaan dan Penyusunan rencana kerja. Dilanjutkan oleh pemateri ke dua yaitu Asykaria Purwaningsih, S.IIP  menyampaikan tentang pengadaan bahan pustaka hingga proses akhir pengolahan. Hari kedua 1 agustus 2019  kegiatan workshop dilanjutkan materi tentang layanan sirkulasi, referensi, dan sarana prasarana serta gedung perpustakaan yang disampaikan oleh Arif Yuni Ismanto, ST. Pemateri ke dua   yaitu Ani Herwatin, S.Sos.  tentang  pembuatan literatur sekunder , kajian perpustakaan dan pelaporan kegiatan.
Hari ketiga workshop dimulai dengan materi perawatan bahan pustaka hingga kegiatan weeding bahan pustaka disampaikan oleh Sulistyaningsih, S.AP. dan  dilanjutkan oleh Tri Wahyuni N., S.Pd. untuk materi promosi perpustakaan, pemanfaatan jaringan internet hingga bimbingan pemakai.  Pada  hari akhir workshop    dimulai praktik  dengan materi literasi informasi hingga penelusuran informasi baik dari buku maupun  jurnal. Di  mulai dengan  teknik penelusuran sederhana hingga penelusuran advance yang disampaikan oleh Nur Ishmah, SIP.