Web Analytics
Perpustakaan UMM | News
  • icon
  • icon
icon

Butuh Bantuan? hubungi kami via WhatsApp

+62 821 4377 7735

Berita

Blog Details

Antologi Pustakawan

Antologi Pustakawan merupakan kumpulan karya tulis para pustakawan yang mereka gali dari berbagai sudut pandang. Mereka mengulas dengan mengambil sudut – sudut yang jarang dipahami dan di ketahui oleh masyarakat umum.  Perpustakaan mungkin bukan obyek yang menarik bagi sebagaian orang, namun kita harus tetap memunculkan supaya diketahui banyak orang. Hal tersebut merupakan tanggungjawab profesionalisme seorang Pustakawan. Dengan menunjukkan sisi – sisi yang menarik  melalui tulisan diharapkan mampu menunjukkan kehadiran dan peran perpustakaan itu penting. Masyarakat   tidak hanya mengetahui perpustakaan sebagai gudang buku saja, akan tetapi mengetahui perkembangan  perpustakaan, apa yang telah diperbuat perpustakaan dan ada apa dengan perpustakaan?. Pustakawan diharapkan mampu  menciptakan dan merubah pola pikir masyarakat tentang perpustakaan kearah yang lebih baik.  
Dengan satu obyek “Perpustakaan” para pustakawan UMM  mengulas banyak hal,  diantaranya tentang   OPAC (Online Public Access Catalog) yang  menggunakan system terotomasi  LASER (library Automatic Service) yang telah di rintis sejak tahun 2001.Pada sistem ini bagaimana mengintergrasikan kebutuhan pemustaka sehingga mampu terpenuhi secara efesien dan efektif. Pokok bahasan yang lain yaitu tentang   repository. Repository  salah satu wadah yang digunakan   untuk menyimpan dan mendokumentasikan karya ilmiah yang dihasilkan oleh sivitas akademika UMM, dan pada tulisan tersebut dijelaskan pula bagaimana memanfaatkan repository, yang memang belum banyak diketahui oleh pemustaka. Tak kalah menariknya  peranan Perpustakaan dalam menanamkan netiquette sebagai bentuk tanggungjawab profesionalitas dan moral, juga salah satu bahan yang diulas oleh para pustakawan. Dan masih banyak hal – hal lainya yang menjadi   bahasan pada buku tersebut yang menarik untuk dibaca.
Namun  disayangkan buku tersebut sangat terbatas dan hanya kalangan tertentu saja yang hanya bisa mengaksesnya. Tujuan awal membukukan tulisan – tulisan   para Pustakawan tersebut  untuk mendokumentasikanya dan sebagai bentuk apresiasi serta penghargaan  terhadap karya mereka.  Diharapkan pula dengan dibukukan tulisan mereka mampu menambah khazanah keilmuan dalam bidang perpustakaan.