Web Analytics
Perpustakaan UMM | News
  • icon
  • icon
icon

Butuh Bantuan? hubungi kami via WhatsApp

+62 821 4377 7735

Berita

Blog Details

Web Bimtek Mahasiswa Baru 2020

Pengenalan perpustakaan pada Mahasiswa Baru ( MABA ) merupakan agenda setiap tahun yang telah dilaksanakan Perpustakaan UMM melalui Pendidikkan Pengguna atau yang lebih dikenal dengan Bimbingan Teknologi ( BIMTEK ).  Namun pada    tahun  2020 ini menjadi berbeda, hal tersebut  di karenakan pertemuan MABA yang  tidak dapat dilakukan secara langsung akan tetapi melalui Online. Wabah pandemi covid 19 yang melanda dibanyak Negara dan Indonesia termasuk didalamnya ternyata berpengaruh pada semua sektor kehidupan  masyarakat tak terkecuali ritme yang terjadi di perpustakaan UMM.
Namun demikian tidak menjadikan Perpustakaan UMM tinggal diam tanpa melakukan apa – apa,  dengan situasi yang tidak memungkinkan untuk hadir secara langsung ke  perpustakaan, beberapa kebijakkan atau langkah – langkah diambil agar perpustakaan untuk tetap  menjalankan peran dan fungsinya dengan baik dalam menyebarkan informasi namun dengan format yang berbeda.  Dengan memanfaatkan teknologi   perpustakaan tetap berupaya memberikan layanan secara maksimal kepada mahasiswa UMM. Hal tersebut seperti yang dilakukan dengan pengenalan dasar terhadap mahasiswa baru  tentang perpustakaan melalui Web Bimtek.   Pengenalan  tersebut sangat di butuhkan oleh mahasiswa baru yang terkena dampak langsung dari pandemi tersebut sehingga sistem belajar mengajar mereka dilakukan secara Daring. Dalam hal ini   Peran  perpustakaan sangat penting untuk menjadi    pendukung dan   penghubung bagi mahasiswa  guna mendapatkan  berbagai  informasi dan refrensi yang di butuhkan melalui online.
Pada Web bimtek yang dilakukan pada tanggal 14 september 2020 sampai dengan 15 oktober 2020 tersebut di ikuti oleh mahasiswa  baru dari semua fakultas yang ada dengan jumlah kurang lebih 8000 peserta. Setiap hari terbagi  menjadi 5 sesi pada tiap pertemuan dengan  di ikuti 80 sampai 90 mahasiswa baru. Dalam rangkaian acara tersebut   Perpustakaan memberikan materi dasar yaitu tentang  fasilitas, peraturan, tata cara peminjaman dan pengaksesan perpustakaan secara digital dan  online, seperti halnya e- jurnal, e- book, juga tidak lupa  mengenalkan MyLib yang dapat diakses secara onlin dengan menggunakan nomor induk mahasiswa ( NIM ) dan personal indentification number ( PIN