Web Analytics
Perpustakaan UMM | News
  • icon
  • icon
icon

Butuh Bantuan? hubungi kami via WhatsApp

+62 821 4377 7735

Berita

Blog Details

Webinar "Urgensi Publikasi Ilmiah dalam Mendukung Prestasi Akademik Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Malang"

Dalam upaya lebih mengenalkan kegiatan Kelas  Literasi Informasi kepada sivitas akademika UMM, UPT. Perpustakaan UMM telah mengadakan kegiatan Launching  melalui webinar dengan tema “ Urgensi Publikasi Ilmiah dalam Mendukung Prestasi Akademik Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Malang” pada 30 maret 2022. Kegiatan tersebut dibuka oleh  Dr. Asep Nurjaman, M.Si selaku Kepala Perpustakaan UMM  dan  dilanjutan  Prof. Syamsul Arifin, M.Si  selaku Wakil Rektor I memberikan sambutan. Sedangkan sebagai  Narasumber pada kegiatan tersebut  Dr. Fardini Sabilah, S.Pd., M.Pd ( Kepala LPPI UMM ) dan Latipun,Ph.D  ( Kepala Hubungan Luar Negeri ), sebagai   moderator Dian Puspitasari ( Pustakawan UMM ). Pada  kegiatan tersebut tidak hanya di ikuti oleh sivitas akademika UMM, dari non UMM pun ikut berperan serta. 
 “Cara Memilih Jurnal untuk Publikasi Artikel “, bagaimana memilih dan memilah jurnal yang terindeks database baik yang berskala nasional maupun internasional,  juga di jelaskan   hal – hal yang perlu di perhatikan dalam mencari dan mengirim jurnal  dengan  cerdas, baik dan bijaksana, hal tersebut dikatakan  Ibu Fardini secara lugas dan jelas dalam memberikan materi tersebut. Dilanjutkan Bapak Latipun menyampaikan “ Strategi Penulisan Jurnal Ilmiah “, pada kesempatan tersebut dijelaskan bahwa dalam penulisan jurnal ilmiah gagasan harus bersifat originilitas, bukan replikasi dari orang lain, memiliki perspektif yang berbeda, memiliki gagasan yang dalam dan luas,  dan masih banyak yang lain, selain itu   dalam perkembangannya   penulis juga akan terbantukan oleh teknologi  seperti Mendeley, Publish and Perish, Vosviewer, Scrivener.  Dari penjelasan – penjelasan tersebut diharapkan mampu memberi dan meningkatkan wawasan bagi para peserta. Pada  acara tersebut di akhiri dengan beberapa pertanyaan yang telah di himpun oleh team panitia dengan mendapatkan hadiah.
Kegiatan – kegiatan tersebut diharapkan bukan yang terakhir namun ada kelanjutan – kelanjutan lain yang dapat menunjukkan peran aktif perpustakaan sebagai media informasi yang mampu memberikan pencerahan dan penjelasan.