RAKERNAS FPPTMA
Ketegori : Info Perpustakaan | Oleh : Ismah Perpustakaan | Tanggal : 2017-10-18 00:00:00 | Dibaca : 2088 Kali

Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah mengadakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) di Perpustakaan UMM. Selain kegiatan rapat, kegiatan ini merupakan ajang silaturrahim dan forum diskusi sharing pengalaman antara perpustakaan-perpustakaan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, seperti yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana kegiatan Rakernas Prof. Dr. Dyah Roeswitawati,MS. Acara rakernas dibuka oleh Wakil Rektor 1 Prof Syamsul Arifin, MA. Beliau mengutarakan dengan pengelolaan perpustakaan yang semakin profesional, diharapkan mampu meningkatkan pemanfaatan perpustakaan oleh mahasiswa terhadap semua layanan dan fasilitas yang ada di perpustakaan.
Rakernas dihadiri sekitar 20 orang pengurus pusat mau pun Koordinator-koordinator wilayah dari seluruh penjuru tanah air, antara lain: korwil DIY, Jateng bagian selatan, Jateng bagian utara, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Kalimantan Selatan, Bengkulu, Sorong, dan Provinsi Banten. Rapat ini berlangsung dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB dan dibagi menjadi 2 sesi yaitu Rapat dan Forum grup diskusi.
Pada forum rapat membahas mengenai visi, misi, tujuan, sasaran, program kerja, dan milestone (tonggak ukur) dari tahun 2017-2032 dengan target menjadi organisasi kepustakawanan yang unggul dan berkemajuan berdasarkan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Nantinya FPPTMA akan mengembangkan jaringan kerja sama berbasis teknologi informasi baik antar PTMA dan perpustakaan lian di dalam dan luar negeri dengan nama PTMA Onesearch. Selain itu pada forum rapat ini dibahas pemecahan korwil-korwil yang wilayahnya masih luas, salah satu diantaranya yaitu korwil Jawa Timur dan Madura dipecah menjadi dua korwil yaitu Pada Perpustakaan UM Jember dan UM Malang.
Acara dilanjutkan dengan  diskusi yang  membahas tentang pelatihan literasi informasi pada civitas akademika pada masing-masing universitas.Masing-masing dari universitas yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan literasi ini menyampaikan pengalaman dan hambatannya dalam pelaksanaan pelatihan literasi informas. Hal ini bertujuan untuk saling berbagi pengalaman dan memotivasi PTMA lainnya untuk terus berkreasi dan berinovasi guna  melakukan pembaruan yang bertujuan untuk kemudahaan pemustaka dalam mengakses informasi yang dibutuhkan.

Kategori Berita

Arsip Berita

Berita Terbaru

Berita Terpopuler